Renungan

Hancurnya Kesombongan Manusia

Wahyu 6:12-17; Amsal 16:18 – Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: “Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu” (Wahyu 6:16).

Isu-isu kesombongan cukup mendominasi komunitas manusia, hampir setiap orang memiliki potensi untuk masuk ke dalam perangkap kesombongan. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang mau direndahkan martabatnya, semua orang memiliki kecenderungan untuk dihargai, dihormati dan diakui kepribadiannya.
Diakui karyanya, diakui kemampuanya, diakui keahliannya, diakui prestasinya, sehingga karena hal inilah seringkali muncul iri hati dan saling mendengki. Sebab satu sama lain disadari atau tidak sering terlibat persaingan untuk terus berkompetisi guna mengejar prestasi dan keuntungan, bahkan untuk mencapainya kadang segala cara dipakai – yang penting dirinya diuntungkan.

Persaingan demi persaingan mulai bergulir, sampai-sampai melupakan waktu bersekutu dan bersama dengan Allah. Jam-jam doa mulai berkurang, saat teduh tidak pernah dikerjakan, baca Alkitab hanya sekali seminggu, doa keluarga mulai padam, penyembah mulai sepi, kidung-kidung pujian hanya menjadi penghias ruangan semata, tidak ada waktu yang tersisa, tidak ada kesempatan sama sekali, semua waktu sudah habis hanya untuk mengejar prestasi dan mengejar uang.

Inilah kebodohan manusia, ia mulai menjadi sombong, ia mulai bergeser dengan menuhankan diri dan pekerjaannya untuk kemudian mulai meninggalkan Tuhannya. Orang yang seperti ini tidak tahu, bahwa ada masa di mana kesombongan itu akan dihancurkan Tuhan dengan tangan-Nya yang perkasa. Wahyu 6:11-15 mengungkapkan bagaimana Tuhan menjungkirbalikkan kesombongan manusia. Ketika meterai yang keenam dibuka terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.

Renungan – Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan. Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang, orang yang mencari TUHAN akan memuji-muji Dia; biarlah hatimu hidup untuk selamanya! – Mazmur 22:27; 149:4.

Hancurkan kesombongan atau ia akan menghancurkanmu.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply