Renungan

Meterai Perlindungan Allah

Wahyu 7:1-8; Mazmur 46:2 – Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka” (Wahyu 7:3)!

Meterai di samping berbicara mengenai tanda kepemilikan, juga berbicara mengenai perlindungan. Perhatikan bahwa penghukuman Allah dilaksanakan setelah malaikat memberikan tanda meterai pada dahi semua suku keturunan Israel.

Kita diingatkan juga tentang tanda darah yang harus dioleskan pada kedua tiang pintu dan ambang atas sebelum malaikat Allah mengambil nyawa setiap anak sulung, baik manusia maupun hewan, yakni pada masa bangsa Israel di bawah pimpinan Musa (Keluaran 12:23). Apa maksudnya? Ini berbicara mengenai perlindungan Allah kepada umat-Nya.

Saudara, dunia saat ini dilanda kecemasan luar biasa – kecemasan akan ekonomi, politik, keamanan, dan berbagai isu rasialisme. Dari yang miskin sampai kaya semuanya dilanda ketakutan. Dan renungan hari ini Tuhan mau mengingatkan kita bahwa di dalam diri kita ada meterai yang menjadi tanda bagi Allah untuk mengenali milik-Nya (Efesus 1:13). Dan itu berarti Allah juga menyediakan perlindungan-Nya kepada kita.

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seorang ibu dengan dua orang anak. Keduanya sudah menginjak remaja. Melihat keadaan keluarga ibu ini saya menyimpulkan bahwa dia dan keluarganya berbahagia, apalagi dari segi keuangan mereka tak pernah kekurangan. Tetapi ada satu ganjalan yang akhirnya dia ungkapkan. Apa itu? Kecemasannya terhadap keselamatan anak-anaknya! Tidak hanya itu saja tetapi juga kekhawatirannya terhadap pengaruh buruk lingkungannya. Wajar bukan untuk cemas melihat anak-anak kita hidup di tengah isu maraknya narkoba dan hal-hal buruk lainnya?

Tetapi pada akhir permbicaraan itu dia berkata, “Dahulu, selama bertahun-tahun aku dilanda kecemasan terhadap anak-anakku, tetapi setelah Allah memberikan pengertian kepadaku bahwa Dia sanggup menjaga mereka, maka hilanglah segala kecemasan itu!”

Saya bertanya kepada Anda, “Apakah Anda mengalami kecemasan yang sama dengan ibu di atas sebelum ia mendapatkan pengertian dari Allah?” Apabila Anda mengandalkan diri sendiri untuk menjaga anak-anak Anda, suatu saat Anda akan frustasi sendiri, sebab Anda hanya sanggup menjaganya sepanjang mata Anda memandang. Bagaimana kalau mereka berada di sekolah? Di luar rumah? Inilah saatnya Anda mempunyai wahyu baru tentang meterai Allah. Serahkan anak-anak Anda kepada Allah. Dia sanggup untuk menjaga mereka! Dan yang penting lagi adalah serahkan kekhawatiran Anda dan saat Anda menyerahkan anak-anak Anda kepada Allah, berhentilah menjadi khawatir. Tidak hanya itu saja, kalau anak-anak Anda terkenal bandel dan susah diajar, mintalah Allah untuk mendidik anak-anak Anda.

Renungan – Tanpa meterai tidak ada dari kita yang akan diselamatkan. Meterai tidak hanya sebagai tanda kepemilikan dari Allah, tetapi juga sebagai jaminan perlindungan Allah.

Jangan percaya kepada perlindungan manusia, melainkan kepada perlindungan Allah.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply